Diagnosis dan Stadium Kanker

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terlewati di di dalam tubuh . Pertumbuhan sel abnormal ini bisa mengakibatkan kerusakan sel normal di sekitarnya dan di anggota tubuh yang lain.

Diagnosis dan Stadium Kanker

Untuk mendiagnosis kanker, dokter akan bertanya tanda-tanda yang dialami pasien dan melakukan kontrol fisik. Setelah itu, tersedia lebih dari satu tes tambahan yang akan dikerjakan dokter untuk menegaskan diagnosa kanker, yaitu:

Tes laboratorium
Tes laboratorium, layaknya kontrol darah dan urine, bisa dikerjakan untuk memeriksa kelainan di di dalam tubuh. Dokter juga bisa melakukan kontrol tumor marker untuk mendeteksi kanker.
Tes pencitraan
Tes ini bisa berupa kontrol Rontgen, USG, CT scan, MRI, atau PET scan, untuk memandang suasana organ yang bermasalah.

Biopsi
Pada prosedur ini, dokter akan menyita sampel jaringan tubuh pasien yang dianggap mengalami kanker. Biopsi merupakan kontrol yang paling akurat untuk pilih apakah seseorang terkena kanker atau tidak.
Berdasarkan hasil kontrol di atas, dokter akan pilih tingkatan (stadium) kanker. Secara umum, tingkatan kanker dibagi jadi stadium 1, 2, 3, dan 4. Makin tinggi stadium kanker, tanda-tanda penyakitnya akan semakin parah dan kemungkinannya untuk pulih semakin kecil apa itu kanker .

Tinggi rendahnya stadium kanker ditentukan berdasarkan ukuran kanker, tersedia tidaknya penyebaran kanker ke kelenjar getah bening di sekitarnya, dan seberapa jauh penyebaran kanker ke organ lain.

Pengobatan Kanker

Jenis pengobatan yang akan dipilih dokter tergantung terhadap lebih dari satu hal, jadi berasal dari tipe kanker, letak kanker, stadium kanker, suasana kesegaran pasien secara umum, hingga keinginan pasien.

Metode pengobatan kanker yang lazim digunakan adalah sebagai berikut: Tempat Pengobatan Kanker Tangerang

Kemoterapi
Kemoterapi dikerjakan bersama dengan mengimbuhkan obat-obatan untuk mengakibatkan kerusakan sel kanker.
Operasi
Operasi kanker dikerjakan bersama dengan memotong dan mengangkat jaringan kanker.
Radioterapi
Radioterapi dikerjakan bersama dengan manfaatkan paparan radiasi untuk membunuh sel-sel kanker. Radioterapi terdiri dua jenis, yakni radiasi berasal dari mesin yang berada di luar tubuh (radioterapi eksternal) atau radiasi berasal dari alat implan yang dipasang di di dalam tubuh (brakiterapi).
Transplantasi sumsum tulang
Lewat prosedur ini, sumsum tulang penderita akan diganti bersama dengan sumsum tulang baru berasal dari donor, agar bisa menghasilkan sel baru yang normal dan bebas kanker Tempat Terapi Kanker Depok .

Imunoterapi
Imunoterapi atau terapi biologis bertujuan untuk mengaktifkan proses imun penderita untuk melawan kanker.
Terapi hormon
Beberapa tipe kanker, layaknya kanker payudara dan kanker prostat, dipicu oleh hormon. Oleh dikarenakan itu, bersama dengan mencegah hormon tersebut, pertumbuhan sel kanker bisa dihentikan.
Targeted drug therapy
Terapi ini dikerjakan bersama dengan mengimbuhkan obat-obatan yang bisa mencegah mutasi genetik terhadap sel.
Perlu diketahui bahwa pengobatan kanker di atas bisa mengakibatkan beraneka pengaruh samping. Salah satunya adalah berkurangnya kuantitas sel darah putih, agar tubuh penderita rentan mengalami infeksi.

Santosa Hospital Bandung Kopo miliki Gedung Comprehensive Cancer Center yang bisa digunakan untuk memelihara pasien-pasien yang membutuhkan:

1. Kemoterapi

2. Radioterapi

3. Brakiterapi

4. Kedokteran Nuklir

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *